Buat para pecinta motor klasik, pasti sudah tidak asing lagi dengan motor yang satu ini. "Honda GL 100". Ya, GL Cepek merupakan salah satu motor touring yang dikeluarkan oleh pabrikan asal Jepang, Honda. Memiliki rangka bodi yang kuat dan gagah membuat kita merasa nyaman mengendarainya untuk harian maupun untuk perjalanan jauh. Kemampuan GL 100 sudah saya buktikan ketika mengendarainya selama 3 jam nonstop dari Solo-Ponorogo. Posisi kemudi yang tinggi tidak membuat tangan mudah lelah. Selain itu, jok yang terbilang empuk sangat nyaman untuk diduduki.Memang bagi saya motor ini hampir tidak memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan dari "GL 100" adalah top speednya yang rendah (maklum, saya masih SMA jadi suka ngebut).
Memiliki mesin tipe 4tak membuatnya tidak bisa mengatasi lawannya yang bertipe 2tak meskipun memiliki kapasitas cc yang sama besar. Meskipun begitu, torsi yang dimiliki cukup besar tapi baru terasa saat putaran mesin yang tinggi. Dari pengalaman saya selama mengendarai GL 100 top speed yang dapat saya raih sekitar 90-95 kmh (di jalan ring-road Solo dari arah timur). Itupun gas belum saya buka penuh. Sebenarnya masih bisa ditambah lagi, tapi getaran yang dihasilkan dari mesin produksi 1991 milik saya ini sangat terasa.
Spek dari mesin GL 100 juga sulit dicari. Ada yang bilang kalau mesinnya bisa menghasilkan hingga 11hp lebih, tapi saya juga tidak tahu. Setelah googlingan berkali-kali saya mendapat informasi Bore x Stroke = 52mm x 49.5mm. Berarti, volume mesinnya adalah sebesar 105cc.
Ini, ada beberapa gambar dari GL 100 saya tahun 1991 yang masih 100% ori.
Tampak dari samping
Speedo dan Tachometer yang masih bisa berfungsi semua
Knalpot ori yang katanya sudah susah dicari
Mesin yang belum pernah diutak-atik dari 1991
105 nya kelihatan kan??
Sekian info yang bisa saya bagi bagi pembaca yang terhormat. Kalau ada kekurangan saya minta maaf dan terima kasih telah berkunjung di blog saya.
motore sae mas, boten disade?
BalasHapusgl 100 ane cuma ganti noken as tiger juga pasangnya gak center yg lain standart ndar, bodi japs, ban standar ring 18, gir standar top speed tertinggi ane 120 km/jam waktu itu mudik ngukur sama vario 125 juga masih bisa naik dikit lagi, gas masih sisa
BalasHapusane aja gak nyanka.. tapi habis itu stelan klep nglebar, oli rembes dimana mana
BalasHapusNah ini dia Motor honda sport legendaris & terawet sepanjang masa
BalasHapus